Densus Tangkap Terduga Teroris di Desa Bagelen Pesawaran Lampung



Densus 88 AT POLRI menangkap sejumlah orang diduga terlibat jaringan teroris di Desa Begelen, Kecamatan Gedong Tataan, Kabupaten Pesawaran, Lampung.

Pendiri Negara Islam Indonesia (NII) Crisis Center Ken Setiawan mengungkapkan bahwa disamping jaringan teroris, di Lampung juga tumbuh subur jaringan kelompok intoleran dan radikalisme atas nama agama. Lampung itu gerbang Sumatera, orang dari mana saja kalau ke jawa lewat darat maka akan melalui Lampung.

Ken menjelaskan kalau teroris itu pasti radikal, tapi tidak semua kelompok radikal itu melakukan aksi terorisme.

Seperti diberitakan sebelumnya di desa Sidodadi Asri ada 30 warga yang terpapar NII dan beberapa mahasiswa di perguruan tinggi di Lampung juga terpapar radikal NII. Hal ini membuat kaget semua orang karena dianggap Lampung aman. Kades Sidodadi pun mendapatkan penghargaan dari BNPT sebagai wujud kepedulian terhadap warganya.

Orang yang bergabung NII memang belum melakukan aksi terorisme, tugasnya hanya cari anggota baru dan cari dana, tapi bila kecewa dari NII karena tidak jelas jihadnya, maka mereka berpotensi beegabung ke kelompok teroris, seperti JI dan JAD.

Kelompok NII itu kebencian kepada negara dan arapat yang sangat tinggi, akhirnya bisa membuat mereka selangkah lagi bergabung kepada kelompok teroris. Banyak mantan NII yang keluar karena kecewa, tapi bukan insyaf, malahan mereka bergabung lagi ke kelompok teroris. Tutup Ken.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *