Cegah Radikalisme dan Intoleransi, Polda Bangka Belitung Road Show Bersama NII Crisis Center



Direktorat Pembinaan Masyarakat Kepolisian Daerah Bangka Belitung menggelar road show FGD pencegahan bahaya radikalisme ke beberapa kabupaten bersama Pendiri NII Crisis Center Ken Setiawan. Kegiatan FGD diawali di gedung serba guna Bangka Selatan, FGD dibuka oleh wakil Bupati Bangka Selatan Ibu Debby Vita Dewi dan Direktur Binmas Kombes Pol Rudi Hermanto, S.IK.

Kombes Pol Rudi Hermanto dalam sambutannya mengatakan bahwa penting sekali pembekalan tentang bahaya radikalisme dan intoleransi supaya masyarakat tidak terpengaruh dengan ajaran paham radikalisme dan intoleransi.

Sementara itu Pendiri NII Crisis Center Ken Setiawan yang menjadi narasumber FGD mengapresiasi kegiatan road show pencegahan radikalisme di beberapa kabupaten di wilayah hukum Polda Bangka Belitung.

Ken berharap masyarakat waspada terhadap propaganda yang di lakukan oleh jaringan kelompok radikal, cek dan ricek dan tabbayun tentang informasi yang diterima jangan sampai menjadi korban hoax atau bahkan menjadi pelaku karena turut menyebarkan informasi yang belum jelas sumbernya.

Menurut Ken, Agama itu mengajarkan cinta dan kasih sayang, jadi bila ada orang mengaku mengajarkan beragama tapi dengan pemarah, hujatan dan ujaran kebencian, mengaggp pemerintah dan semua orang dibluar kelompoknya kafir, maka selayaknya untuk tidak diikuti karena bila dikuti akan bisa terpapar kepada paham radikalisme.

Masyarakat harus kritis, agama dan kitab suci tidak salah, tapi tidak semua orang yang mengaku beragama dan membawa kitab suci itu benar. Tolak ukutlr beragama itu adalah ahlak, kalau mengaku beragama tapi tidak punya ahlak, berarti diabtelah beragana dengan guru yang salah. Tutup Ken.

Leave a Reply

Your email address will not be published.