Gelar Seminar Kebangsaan, 234 SC Jabar Hadirkan Pendiri NII Crisis Center Ken Setiawan



omunitas 234 SC bersama sejumlah unsur di wilayah Jawa Barat melaksanakan seminar kebangsaan di Ballroom Zuri Resort Convention Cipanas, Kabupaten Cianjur, Kamis (23/6/2022).

Tampak hadir dalam kesempatan itu, Ketua 234 SC Korwil Jabar, Forkopimda Cianjur dan narasumber berkompeten di bidang kebangsaan yaitu Pendiri NII Crisis Center, serta para tamu undangan termasuk seluruh anggota 234 SC se-Kabupaten Cianjur.

Ketua 234 SC Korwil Jawa Barat, William Salim menuturkan, digelarnya seminar kebangsaan ini diharapkan dapat mengaktualisasi nilai Pancasila dalam kehidupan bernegara untuk menghadapi ekstrimisme.

Karena menurutnya, disadari atau tidak, bahwa hari ini negara Indonesia telah banyak ancaman dari berbagai sisi. Baik segi politik, pemikiran dan segi ideologi bahwa bisa saja paham-paham yang berkembang negatif dapat menggeser Pancasila.

Selain itu, ia mengatakan, dihadirkannya salah satu narasumber Pendiri NII Crisis Center yang juga merupakan mantan pelaku radikalisme ini, diharapkan supaya lebih mengetahui hal yang sebenarnya tentang peta gerakan radikalisme dan bahayanya.

Narasumber yang juga Mantan Anggota Negara Islam Indonesia (NII), Ken Setiawan mengapresiasi panitia serta seluruh keluarga besar 234 SC ini, dimana telah mampu menyelenggarakan kegiatan mensosialisaikan tentang arti Pancasila.

Karena menurutnya, Pancasila ini mungkin sudah kurang diminati oleh masyarakat sebab tergerusnya oleh arus modernisasi dan masuknya paham baru transnasional yang bertentangan dengan Pancasila.

“Maka, dengan adanya seminar ini, kita harapkan bisa menerima perbedaan terutama mengaplikasikan dalam sila pertama bahwa mari kita bersatu atas perbedaan itu.

Jadikan perbedaan sebagai sarana kita untuk mengenal, saling melengkapi. Sehingga nasionalisme Indonesia khususnya di Jawa Barat dan Kabupaten Cianjur tercipta suasana aman dan damai,” Tutup Ken.

Leave a Reply

Your email address will not be published.