Cegah Radikalisme di Lampung, BNPT Sukses Gelar Festival Aksi Musik Anak Bangsa



Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Republik Indonesia (BNPT RI) melalui Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Provinsi Lampung menggelar Aksi Musik Anak Bangsa (ASIK BANG) yang dilaksanakan pada tanggal 11 Oktober 2023 di Rasley Cafe Bandar Lampung.

Kasubdit Kontra Propaganda BNPT RI Kolonel. Sus. Sholehudin Nasution mewakili kepala BNPT RI menyampaikan bahwa sosialisasi yang dilakukan BNPT melalui Aksi Musik Anak Bangsa diharapkan mampu memperkuat semangat kebangsaan, ajang silaturahmi bagi masyarakat muda Lampung.

Sementara teknis acara Asik Bang dijelaskan dan dipandu oleh Tim BNPT RI Fachrudin atau disapa bang Fafa

Ken Setiawan selaku Kepala Bidang Pemuda dan Pendidikan Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Provinsi Lampung menyampaikan bahwa Festival ASIK BANG merupakan kegiatan lomba menyanyi yang diikuti oleh komunitas musik, mahasiswa, pelajar, komunitas pemuda dan masyarakat umum se Provinsi Lampung.

Seleksi Festival Aksi Musik Anak Bangsa yang masuk ke panitia ada puluhan yang daftar terdiri dari Group Band dan Solo Song, diseleksi jadi empat Band dan empat Solo, jadi ada delapan yang masuk final dan pemenangnya adalah Ivana Band dan Solo Song dimenangkan oleh Mahesa Aditya.

Ken Setiawan berharap kegiatan aksi musik anak bangsa dan Kampus Rakyat Terpilih Indonesia adalah dapat mengisi ruang-ruang kosong anak muda dalam berkreasi, setidaknya ini menyatakan bahwa negara hadir dalam dunia mereka, memfasilitasi dalam berkarya dengan tetap membawa pesan perdamaian dan persatuan.

Negara hadir dalam mengisi ruang kosong anak-anak muda di Lampung dengan cara yang tidak umum yaitu melalui media musik dan pelatihan kemampuan ketrampilan dalam rangka menyampaikan pesan pesan kebangsaan untuk pencegahan intoleransi radikalisme dan terorisme dikalangan anak muda,” ungkapnya.

Menurut Ken, musik adalah salah satu cara pentahelix untuk berkomunikasi dengan masyarakat umum. Ini adalah sebuah bagian dari syair-syair puja puji kepada bangsanya, memperluas khasanah anak muda bagaimana cara mencintai bangsanya

“Kegiatan ASIK BANG, atau Aksi Musik Anak Bangsa ini adalah suatu hal yang sangat baik dan diharapkan dapat dilanjutkan agendanya di masa yang akan datang. Ini adalah cara negara berkomunikasi dengan anak muda lewat musik, dan kampus rakyat terpilih Indonesia untuk mengumandangkan hal-hal baik, puja dan puji masyarakat kepada bangsanya untuk meningkatkan semangat patriotik nasionalisme. Tutup Ken.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *